Senin, 16 April 2018

Penggunaan Text Mining dalam Menangkap Reaksi Penggemar Budaya Pop Jepang terhadap Sebuah Anime di Twitter


Kali ini saya akan mencoba melakukan Text mining di Twitter.
Apa itu text mining?

Text mining adalah sebuah proses pengambilan informasi dan pengetahuan dari teks dari suatu platform yang berisi teks. Teks-teks tersebut berguna untuk memudahkan analisa dan pengambilan keputusan.
Saya akan melakukan percobaan text mining untuk mengetahui reaksi para penggemar budaya pop terhadap sebuah anime (animasi Jepang) musim ini yang telah menjadi fenomenal dan memiliki kontroversi di kalangan penggemarnya: DARLING in the FRANXX.




Mengapa saya memilih ini sebagai topik? Karena setelah anime ini menayangkan Episode ke-14, muncul reaksi para penggemar yang mengekspresikan ketidaksukaan mereka terhadap karakter yang bernama Ichigo. Kata-kata yang tidak enak dilontarkan terhadap karakter tersebut sebagai rasa ketidaksukaan mereka, bahkan mereka sampai menyerang sang pembuat anime dan pengisi suara Ichigo tersebut. Hanya karena sebuah episode dalam anime memunculkan sebuah masalah sosial yang baru dalam kalangan penggemar budaya pop kultur Jepang. Apakah ini terlalu berlebihan?


Mari kita kesampingkan masalah tersebut, kita akan melihat reaksi para penonton DARLING in the FRANXX yang mengekspresikan pendapatnya di Twitter.
Berikut kumpulan screenshot ketika saya menggunakan aplikasi Orange untuk melakukan text mining:






Setelah melakukan hal-hal tersebut, dengan membuka node Data Table, kita dapat melihat teks-teks yang sudah di-mining.



Dari 500 tweet yang keluar, muncul berbagai reaksi dari berbagai warganet tentang DARLING in the FRANXX ini, beberapa di antaranya mengutarakan opini mereka terhadap Ichigo. Beberapa orang pun membuat sebuat karya seperti doodle dan meme sebagai reaksi terhadap hype anime tersebut.

Rifqi Fadhlurrahman Firman
1401144150

Tidak ada komentar:

Posting Komentar